Senin, 06 Januari 2014

Qolbu, Istiqomah, Hamasah

"Ketahuilah, sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” “' ( Hadis Riwayat Bukhori )

“Sesungguhnya Allah tidak melihat pada jasad/bentuk(rupa) kalian tapi Allah melihat pada hati kalian..”




Kedua hadist di atas menerangkan mengenai hati (qolbu).. Semua tingkah laku kita bersumber dari hati.. Oleh karena itulah, menjaga hati sangat penting, tapi ini bukanlah hal yang mudah.. Betapa banyak godaan yang menghampiri.. Hati kita dibuat goyah.. Bahkan seorang yang sudah bagus ibadahnya pun saya rasa masih terus berproses untuk belajar menjaga hati.. Di sinilah diperlukannya istiqomah, komitmen pada kebenaran dan terus beribadah.. Saya masih selalu mencari formula yang pas agar bisa selalu istiqomah.. Tak jarang iman ini naik dan turun seenaknya sendiri.. kadang ibadah kurang bernyawa, serasa hampa.. Beruntungnya saya, saya punya teman-teman yang hebat,, mereka selalu menginspirasi saya, tak jarang bahkan membuat saya malu pada diri sendiri.. tapi justru dari situlah saya bersemangat untuk lebih baik lagi.. Hamasah... (pasang ikat kepala)

Terima kasih kawan, teman, saudaraku.. :) Senang bisa mengenal kalian.. semoga kita selalu istiqomah, jaga hati, dan yang terpenting, bisa berkumpul di jannah-Nya kelak.. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar